Betapa Bahayanya Flu Saat Sedang Hamil! Soalnya Risiko Anak Terkena "Penyakit Meresahkan" Satu Ini Jadi Meningkat 2 Kali Lipat

OMG!!
Sponsored Ad
Para ibu yang sedang hamil sebaiknya benar-benar deh merhatiin kesehatan diri sendiri. Soalnya hasil studi Autism Birth Cohort yang dilakukan di Norwegia ngedapetin kalau flu saat hamil bisa bikin anak mengidap autis.

Ya meski autis sendiri bukanlah 『penyakit mematikan』 tapi kan kasihan anaknya kalau ia jadi beda dengan teman-teman lainnya. Iya kalau autismenya tipe yang jenius, tapi kalau nggak?! Aduh, betapa kesepiannya dia bila sekelilingnya sukar menerima dan memahami dirinya nanti.


Sponsored Ad

Hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal mSphere ini nggak cuma sekedar ngumpulin data survei atau catatan sejarah kesehatan saja lho. Tapi, para ahli juga menganalisa questionnaires dan sample darah dari 388 ibu yang punya anak autis, beserta 348 data pembanding lainnya.

Sample darah dikumpulkan ketika usia kehamilan memasuki pertengahan dan setelah melahirkan. Para ibu yang terlibat dalam penelitian ini juga harus melaporkan apakah ada gejala demam dan flu saat hamil.

Walau hasil penelitian bisa saja nggak akurat 100% karena pasti ada error-nya dikit-dikit, namun para ahli ini tetap ngingatin kalau anak yang ibunya flu saat hamil berisiko mengidap autis 2 kali lebih besar ketimbang anak yang ibunya sehat saja pas mengandung.



Pimpinan studi, Doctor Milada Mahic dari Universitas Columbia bilang,」gejala flu yang dirasakan sangat penting karena dari situ kita bisa ngelihat tingkat imun saat tubuh ibu hamil sedang melawan flu.」 Selain itu, dalam studi lain yang masih membahas tema yang sama, para ahli ngedapetin ibu hamil yang terinfeksi herpes di organ keintimannya juga berisiko melahirkan anak autis di kemudian hari.

Tapi hal ini nggak perlu jadi momok menakutkan, karena nggak setiap ibu hamil yang sakit pasti ngelahirin anak autis. Flu, demam, dan herpes hanyalah salah satu penyebabnya. Karena itu, banyak berdoa aja dan jaga badan ya supaya kamu dan bayimu tetap sehat selalu, amin!

Previous
Next Post »
PasangJitu