Sukses Melakukan 16 "Hal Dasar" Ini Kamu Baru Bisa Disebut Sebagai Orang yang "Bersopan Santun"! #7 90% Cewek Selalu Gagal Melakukannya!

Etiket adalah sopan santun yang muncul dari diri kita bagi orang di sekitar kita. Tata cara bagaimana kita memperlakukan orang lain, ya, itulah yang disebut dengan etiket.

Sayangnya, banyak orang menganggap bahwa menerapkan etiket dalam hidup adalah sesuatu yang memalukan atau bahkan menganggap bahwa tidak ada gunanya hidup beretiket.


Sebenarnya, aturan dasar etiket cukup sederhana. Tata cara bertutur kata, sopan santun, penampilan rapi dan kendali atas emosi diri sendiri.


1186811499332532.jpg (600×314)


Berikut ada 16 etiket yang harus diketahui setiap orang agar bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.


1. Jika kamu berkata, 'Saya mengundangmu,' itu berarti kamulah yang akan membayar semua biaya yang ada. Jika kamu sedikit keberatan, mungkin kamu mungkin bisa menggantinya dengan, 'Ayo pergi ke restoran itu' dan dalam kasus ini, semua orang membayar sendiri.

2. Jangan pernah berkunjung tanpa menelepon atau menghubungi tuan rumah terlebih dulu. Sama halnya dnegan seseorang yang tiba-tiba datang menemuimu tanpa memberitahukannya terlebih dahulu saat kamu mungkin sedang memakai baju tidur atau penjepit rambut bahkan saat penampilanmu masih berantakan gak karuan!


3. Jangan meletakkan HPmu di atas meja di depan umum. Karena secara tidak sadar, kamu sedang menunjukkan betapa pentingnya HP itu dalam hidupmu. Simpanlah HPmu dalam tas, bahkan jangan pernah sibuk sendiri dengan mengecek ini itu yang tidak penting di HPmu saat sedang bertemu dengan kerabat di tempat umum.


4. Seorang pria jangan pernah membawa tas wanita. Namun, ia boleh membantu wanita membawa mantelnya dan menggantungkannya di tempat penggantungan jas.


6. Sepatu yang kamu kenakan harus selalu bersih.


7. Hindari percakapan gak penting saat ngobrol di telepon. Jika kamu membutuhkan seseorang untuk diajak bicara, lebih baik bertemu dengan mereka secara langsung.

8. Jika seseorang menyinggung perasaanmu, seharusnya tidak membalasnya dengan meninggikan suaramu. Jangan tenggelam dan malah menjadi sama seperti mereka. Senyum saja dan tinggalkan tempat yang kacau itu.


9. Seorang pria harus selalu berjalan di sisi kiri wanita. Pengecualian bagi pria yang adalah militer karena mereka harus siap untuk memberi hormat.


10. Pengemudi harus memperhatikan genangan air di jalanan, jangan sampai mengotori para pejalan kaki.


11. Sembilan hal yang harus dirahasiakan: usia, kekayaan, pertengkaran keluarga, agama, masalah kesehatan, urusan cinta, hadiah, kehormatan dan aib.


12. Seorang pria tidak boleh menyentuh wanita tanpa seizinnya. Kecuali memegangi tangannya, menyentuhnya saat ngobrol dan mendorongnya di tengah bercanda.


13. Seorang pria dari keluarga kaya akan selalu menunjukkan rasa hormat kepada seorang wanita.


14. Hormati privasi (kerahasiaan) setiap orang. Termasuk orangtua tidak boleh membaca surat anak-anak mereka tanpa izin dari sang anak. Pasangan pun harus saling menghormati satu sama lain. Mengecek HP atau kantong baju pasanganmu sangatlah tidak sopan.


15. Jika kamu dimaafkan setelah meminta maaf, jangan lagi menyinggung topik tersebut walaupun untuk menyatakan bahwa kamu sudah menyesal.


16. Jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada orang yang kamu cintai, saudara bahkan teman. Mereka membantumu bukanlah kewajiban mereka. Tapi mereka melakukannya karena mengasihimu, jadi hargailah pengorbanan mereka.


Jadi, sahabat Liputan, yuk kita mulai belajar untuk saling menghormati satu dengan yang lainnya!
Previous
Next Post »
PasangJitu